Senin, 17 Februari 2014

SEMINAR BUDAYA KAB. SINJAI 2013

                                                                         1.       LATAR BELAKANG
Arus globalisasi telah mengalir dengan deras, mengubah segala hal baik yang bersifat sosial maupun budaya yang sekarang dianggap konservatif menjadi hal yang dianggap tren masa kini.Atau bahkan telah hilang, dan hanya meninggalkan sebuah kenangan. Padahal banyak sekali budaya-budaya yang harus dipertahankan, atau bahkan dilestarikan tanpa harus menghilangkan asumsi yang ada. Yang lebih ironis, sebagai dampak dari kurangnya pendidikan sosial dan budaya, adalah merasuknya pikiran pada remaja yang menganggap westernisasi sebagai modernisasi tanpa memandang substansinya.
Saat ini, kita dapat melihat daerah Sinjai yang luar biasa kekayaan alam dan budayanya yang perlu kita kelola, kita kembangkan dan kita mempelajarinya agar kita tetap tahu bahwa suatu kebudayan dapat dijadikan suatu dasar pendidikan khususnya budaya Sinjai, akan tetapi selama ini jarang atau bahkan belum terlihat pengadaan  kegiatan yang bisa menumbuhkan rasa kepeduliaan terhadap budaya yang ada di kabupaten Sinjai, lebih-lebih pada lembaga pendidikan yang telah mengajarkan banyak ilmu. Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan para masyarakat dalam bidang kebudayaan Sinjai, maka perlu diadakan sebuah kegiatan yang bisa menumbuhkan rasa kepedulian dalam mempelajari, mengembangkan dan membangun kebudayaan Sinjai itu.
Berangkat dari itu, kami selaku Keluarga Mahasiswa Siswa Sinjai Politeknik Negeri Ujung Pandang (KMS-PNUP) berinisiatif untuk mengadakan kegiatan seminar Kebudayaaan karena budaya tersebut merupakan budaya yang harus dipertahankan dan menjadi dasar dalam menjalankan dunia pendidikan yang semakin modern di era globalisasi ini. Kami mahasiswa sinjai perlu memberikan perhatian juga kepada daerah tercinta yang menjadi daerah asal kita, apalagi Kami dari Organisasi Keluarga Mahasiswa Sinjai Politeknik Negeri Ujung Pandang (KMS-PNUP) yang selalu berfikir untuk membangun Kab. Sinjai dalam berbagai bidang terutama dalam bidang budaya yang menjadi kekayaan yang masih perlu di perhatikan agar tetap menjadi exis dimasa yang akan datang yang masyarakatnya berbagai karakter.

2.       NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama Seminar Budaya Kab. Sinjai KMS-PNUP, dengan tema Revitalisasi Budaya Lokal Untuk Melestarikan Jati Diri Bangsa”.

3.       TUJUAN
1.      Mengenal budaya bugis Sinjai secara khusus dan budaya Indonesia secara umum.
2.      Mengenal peranan suku bugis Sinjai terhadap bangsa Indonesia.
3.     Membangun kesadaran peserta seminar untuk ikut andil dalam melestarikan budaya local.
4.      Meningkatkan pemahaman peserta seminar akan pentingnya budaya lokal.
5. Mempersiapkan mahasiswa sebagai generasi muda yang memiliki karakter kebanggaan dan kecintaan terhadap budayanya sendiri dalam menanggulangi masuknya budaya asing.
4.    MANFAAT KEGIATAN        
1.      Peningkatan Pengetahuan Budaya Sinjai terhadap Masyarakat
2.      Mengetahui pernanan Masyarakat Sinjai untuk membangun daerah asal.
3.      Meningkatnya kepedulian terhadap Nilai-nilai Budaya
4.  Menimbulkan simpati masyarakat terhadap budaya lain yang ada di sekitar mereka.
5.     Budaya minoritas yang ada selama ini mendapat atensi yang lebih dari  masyarakat dan selalu menanggulangi masuknya budaya asing

5. PESERTA
1.      Mahasiswa dari Peguruan Tinggi yang ada di Sinjai
2.      Siswa SMA/SMK/ Sederajat Se-Kab. Sinjai
3.      Pegawai Negeri Sipil Se-Kab. Sinjai
4.      Tenaga Pengajar Se-Kab Sinjai
5.      Masyarakat Sinjai
6.      Umum
Fasilitas Peserta:
  1. Sertifikat
  2. Snack/Lunch
  3. Doorprise
6.      PEMBICARA
PEMATERI:
1.      Prof. Dr. A. Rasyid Abbas M,M (Guru Besar   Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin) (in negosiation)
2.      Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi (in negosiation)
3.      Drs. Muhannis (Budayawan Sinjai)
7.    PENYELENGGARA KEGIATAN
Acara ini diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Sinjai Politekik Negeri Ujung Pandang(KMS-PNUP) dengan Susunan Panitia tercantum pada lampiran I.
8.    RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN
Seminar akan dilaksanakan pada :
Hari/Tgl              : Minggu, 17 Februari 2013
Pukul                  : 07.00 – Selesai Wita
Tempat               : AULA DISKOMINFOBUPPAR

0 komentar: