Senin, 17 Februari 2014

SEMINAR LOGINS NASIONAL KMS PNUP 2014

LOGO LOGINS KMS PNUP
I.    LATAR BELAKANG

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi saat ini telah begitu pesat, sehingga menempatkan suatu bangsa pada kedudukan sejauh mana bangsa tersebut maju didasarkan atas seberapa jauh bangsa itu menguasai kedua bidang tersebut di atas. Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang hidup dalam lingkungan global, maka mau tidak mau juga harus terlibat dalam maju mundurnya penguasaan Iptek.

Dalam rangka mewujudkan pembinaan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan daya saing yang memadai sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, maka pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah diharapkan dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk memberdayakan seluruh potensi yang ada pada masyarakat, yakni melalui optimalisasi pemanfaatan serta pengembangan layanan informasi kepada masyarakat luas khususnya yang berada di daerah pelosok atau di pedesaan.

Beranjak dari pemaparan di atas, kami bermaksud mengadakan Seminar IT(Informasi Teknologi) yang memiliki keterkaitan dengan pembinaan sumber daya manusia kepada masyarakat, khususnya para pelajar yang ada di Kabupaten Sinjai. Melihat dari perkembangan pendidikan yang ada di Sinjai saat ini, banyak pelajar yang memiliki potensi yang besar dalam hal pengembangan Ilmu Pengetahuan, hanya saja masih banyak di antara mereka yang kurang memahami seberapa pentingnya Teknologi dan Informasi, seperti manfaat dalam bidang pendidikan yang mereka tempuh saat ini, khususnya bagi para pelajar yang ada di pedesaan atau di pelosok
Banyak pelajar khususnya siswa dari pelosok atau pedesaan yang tidak memahami atau bahkan tidak tahu akan pentingnya mengetahui perkembangan Teknologi dan Informasi yang sangat berguna bagi pendidikan di era globalisasi atau modern ini. Dikarenakan kurangnya akses serta pola perilaku yang ada di pedesaan yang membuat para siswa kurang `berminat dalam hal mengetahui dan mengembangan teknologi dan Informasi.

Melalui kegiatan ini kami berharap bisa melahirkan siswa yang bukan hanya di kota tetapi yang juga berasal dari pelosok maupun di pedesaan  sebagai generasi muda yang mampu bersaing dan handal di bidang Teknologi dan Informasi yang semakin maju.

II. TUJUAN
Meningkatkan minat masyarakat tentang pentingnya Teknologi dan Informasi yang semakin maju.Mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya di Kabupaten Sinjai. Mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi dan Informasi di kalangan umum yang ada di Kabupaten Sinjai.

III. MANFAAT
Masyarakat Sinjai akan mengetahui betapa pentingnya Penggunaan Teknologi yang semakin maju dan terus berkembang saat ini. Masyarakat Sinjai khususnya para pelajar akan mengetahui cara mengoptimalkan pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan. Untuk penyelenggara sendiri, KMS-PNUP akan dikenal oleh masyarakat Sinjai. Pengurus mengetahui cara memanajemen suatu kegiatan dengan baik, serta membangun rasa emosional antar pengurus. Sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan seterusnya

IV. NAMA DAN TEMA KEGIATAN

     A.  Kegiatan ini bernama Seminar Teknologi Informasi “LOGINS” KMS-PNUP Kab. Sinjai

     B.  Kegiatan ini bertema “JOIN IN THE FUTURE WITH IT”

V. DASAR PELAKSANAAN
 
      Program Kerja Keluarga Mahasiswa Sinjai Politeknik Negeri Ujung Pandang    (KMS-PNUP) periode 2013/2014.
Pelaksanaan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian  kepada     masyarakat.         

VI. BENTUK KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar,  yang terdiri dari 3 materi yaitu :

      1.      Sejarah, cara kerja dan pemanfaatan serta penggunaan Internet

      2.      Fungsi dan manfaat Smartphone bagi pelajar atau siswa

      3.      Teknologi masa kini dan perkembangannya di kota dan di luar negeri

VII. PEMBICARA

      1.      Bapak Muhammad Takdir (Pembina RTIK SulSel)

      2.      Bapak Andi Nuryadin (Koord. Bidang Aplikasi RTIK SulSel)

      3.      Bapak Indryatno Banyumurti (Ketua RTIK Pusat Jakarta)

VIII. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

            Kegiatan akan dilaksanakan pada :

            Tanggal                       : 9 FEBRUARI 2014

            Tempat                        : Gedung Pertemuan, Kab. Sinjai

            Pukul                           : 08.00 – 15.00 WITA

IX. PESERTA KEGIATAN

Peserta kegiatan Seminar Informasi dan Teknologi sebanyak 500 dengan rincian sebagai berikut:

Ø  Siswa SMP/SMA/SMK/Sederajat

Ø  Mahasiswa

Ø  Masyarakat umum

Fasilitas peserta :

·         Sertifikat       

·         Snack / Lunch

·         Doorprize

0 komentar: